Membangkitkan FlashDrive yang ‘Mati Suri’

Bosan sering gonta-ganti flashdrive. Ini bukan karena koleksi ya, tapi karena sering rusak atau hilang 😥 . Kalau hilang, ya sudah diikhlaskan saja. Tapi kalau rusak, ya sudah didiamkan saja 😆 .
Mungkin kalau cuma sekali gak masalah, tapi ini terjadi lebih dari 3 kali. (memang karena kecerobohan saya). Dan korbannya pun bukan cuma saya saja, melainkan orang-orang terdekat saya menjadi korban juga, karena mereka sering meminjamkan saya FlashDrive, dan pada akhirnya rusak juga (sekali lagi gara-gara ulah saya 😥 ). Akhirnya selama 1 tahun lebih saya mengoleksi Flashdrive yang sudah berhasil saya rusakan. 😛

Selama beberapa bulan tidak memiliki flashdrive , bercampur rasa kesal dan sedikit trauma karena harus menganti flashdrive orang yang rusak (kalau diitung-itung, bisa beli harddisk external kali 😛 ).

Oiya, rusak yang saya maksud adalah seperti ini:

  1. Flashdrive tidak bisa terbaca format disk-nya. (Jika terbaca, format disk umumnya FAT atau FAT32).
  2. Ukuran flashdrive 0 byte.
  3. Tidak bisa diformat dengan menggunakan tools bawaan dari Windows.

Hmm, iseng-iseng cari cara buat benerin flashdrive yang rusak, dan alhamdulillah berhasil.
Nah, sekarang saya akan share cara saya membangkitkan flashdrive yang sebenarnya sedang ‘mati suri‘ itu. 😛

  1. Download software pendukungnya:
    SK6211-20071207.rar
  2. ekstrak file tersebut
  3. Masukan (plug in) flashdrive yang rusak
  4. jalankan aplikasi SK6211_20071207_BA.exe
  5. Jika flashdrive terdetect akan tampil seperti ini:

    Dapat dilihat, terdapat banyak sekali pilihan konfigurasi. Pada saat pertama kali mencoba, dengan so’ tau saya langsung mengubah konfigurasi sana-sini, tapi hasilnya selalu gagal (gara-gara belum tau konfigurasi yang bener kayak gimana :mrgreen: ). Tapi, pada saat saya memakai konfigurasi default-nya (tidak diubah sama sekali), malah ini yang selalu berhasil 😆 .
    jadi, saran saya biarkan saja konfigurasinya seperti itu (default).
  6. klik Auto-LLF
  7. Tunggu sampai muncul hasilnya. Jika berhasil akan tampil seperti ini:

Nah, sekarang flashdrive sudah dapat digunakan kembali.

Semoga dapat bermanfaat. 🙂

NB: jika tedapat pesan error, kemungkinan besar ada yang salah pada configurasinya. (silakan di ulik sendiri 😆 )

  1. thanks info nya ya ,hehehe 🙂

    • yanti yulianti
    • Februari 15th, 2010

    Mas, harddisk eksternal saya rusak gara-gara jatuh. Jadilah data-data saya tidak bisa dibuka. Bagaimana cara mengambil data dari harddisk mungkin disebut “mati suri” juga kali ya?

    • Salam kenal mbak yanti 🙂
      harddisknya masih terdetect gak?
      terus kapasitas harddisknya apakah sama, atau berubah jadi 0 bytes?
      untuk recovery data (mengembalikan data) bisa menggunakan software GetDataBack dari runtime software.
      ini link-nya:
      http://www.runtime.org/data-recovery-software.htm

      (mm..crack-nya, tanya om google aja ya mbak..he, tapi yang ini tidak disarankan..lebih baik sih beli :mrgreen: )

  2. bermanfaat sekali teman…terima kasih
    izin blogroll…

    • fandy
    • Januari 5th, 2014

    bang, kalo flash sy.. diany nggak terdetect di sk6211 .exe itu bang.. trus cara perbaikinnya gimana?

    • rizal
    • Maret 10th, 2015

    bang aplikasi yang bisa didownload??

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

