Usability Evaluation of Koprol.com-Part 1

Koprol.com merupakan situs jejaring sosial karya anak bangsa Indonesia. Berbeda dengan jejaring sosial facebook.com karena jejaring sosial ini berbasiskan lokasi. Kita dapat melihat siapa saja anggota koprol.com di yang sedang berada di lokasi yang sama. Pada tanggal 25 Mei 2010 koprol.com resmi bergabung dengan Yahoo. Sebuah pencapaian yang luar biasa. 😀

Koprol.com

Tampilan Muka Koprol.com

Kali ini saya akan sedikit melakukan usability evaluation dengan menggunakan metode Heuristic Evaluation yang dikembangkan oleh Jakob Nielsen. Heuristic Evaluation terdiri dari 10 tahapan standar yang harus dipenuhi. 10 tahapan tersebut adalah :

  1. Visibility of system status: Sistem harus dapat menginformasikan kepada pengguna tentang apa yang terjadi pada sistem.
  2. Match between system and the real world: Sistem harus ‘berbicara’ dalam bahasa yang biasa digunakan oleh pengguna. Kata, frasa, dan istilah yang digunakan mengikuti kebiasaan yang ada.
  3. User control and freedom: Pengguna kadang memilih pilihan yang salah dan memerlukan opsi ‘emergency exit’. Pengguna dapat keluar dari keadaan akibat pilihan yang salah tersebut tanpa perlu melewati kegiatan tambahan lainnya.
  4. Consistency and standards: Pengguna tidak harus berpikir apakah kata, situasi, dan aksi yang berbeda ternyata memiliki arti yang sama.
  5. Error prevention: Sistem didesain sehingga mencegah pengguna melakukan kesalahan dalam penggunaan system. Bisa dilakukan dengan menggunakan pilihan konfirmasi.
  6. Recognition rather than recall: Membuat objek, aksi, dan pilihan yang ada visible (jelas).
  7. Flexibility and efficiency of use: Permudah pengguna untuk melakukan kegiatannya dengan lebih cepat.
  8. Aesthetic and minimalist design: Dialog seharusnya tidak mengandung informasi yang tidak relevan atau tidak terlalu diperlukan.
  9. Help users recognize, diagnose, and recover from errors: Pesan kesalahan harus dijelaskan dalam bahasa yang jelas, menjelaskan masalah dan memberikan solusi.
  10. Help and documentation: Sistem menyediakan bantuan dan dokumentasi yang berisi informasi tentang penggunaan sistem.

Lebih detail tentang Usability evaluation koprol.com dapat dilihat pada post selanjutnya.

Happy reading! 🙂

Iklan
  1. wiiih mantaap caw . . hehe

    • ukirankatakatadean
    • Juni 26th, 2010

    my academic blog

    untuk sekelas web buatan indonesia, interaksi yang dibuat sudah cukup bagus ! hanya kurang hidup saja desainnya. hati2 jangan sampai terjebak seperti friendster yang kepenuhan konten

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: