Usability Evaluation of Koprol.com-Part 3

posting sebelumnya membahas point 1-6 tentang web usability, sekarang saya akan mengulas sedikit tentang point 7-10 pada web usability.

7. Flexibility and efficiency of use (EFFICIENCY)

shortcut untuk update status di facebook dan twitter

Situs ini menyediakan service bagi user agar dapat meng-update status mereka via koprol.com. Terdapat beberapa shortcut untuk update status ke twitter.com dan facebook.com secara bersamaan.

8. Aesthetic and minimalist design (DESIGN)

Ketika user akan mengganti foto avatar mereka. Yang ditampilkan pertama kali bukannlah form isian untuk upload foto, tetapi malah halaman edit profile. Sehingga untuk mengganti foto avatar user harus melakukan scroll beberapa kali sampai ditemukan bagian untuk upload foto.

9. Help users recognize, diagnose, and recover from errors (RECOVERY)

salah password

Terdapat pesan kesalahan yang sangat jelas jika user melakukan kesalahan input. Sehingga membuat user tidak bertanya-tanya tentang kesalahan mereka. 😛

10. Help and documentation (Help)

Help

Tata cara penggunaan terdapat pada bagian bawah di awal situs ini. Namu sayang, penjelasan penggunaan sistem secara spesifik belum jelas. Kebanyakan hal-hal itu malah berada pada page FAQ.

FAQ == About Us. ??

help.

Beberapa petunjuk untuk menggunakan sistem.

OK. Sejauh ini saya sudah mengevaluasi usability dari komprol.com dengan menggunakan metode Heuristic Evaluation. Semoga dapat bermanfaat. 😀

Iklan
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: